Keluarga Cukup Baik

Siapa sih yang nggak pingin sehat dan terlihat langsing? Semua orang juga mau, termasuk saya. Nah, kalau kamu pengen cepat sehat, kami punya Sari Lemon Untuk Kecantikan. Direkomendasikan oleh dokter ternama lho, yang kamu semua pasti mengenalnya. Siap sehat?

Keluarga dari masa lalu yang tidak terlalu jauh berorientasi pada empat sumbu. Sumbu ini tidak saling eksklusif. Beberapa tumpang tindih, semuanya saling meningkatkan.


Orang menikah karena berbagai alasan:

1. Karena tekanan sosial dan norma sosial (the Social Dyad)

2. Untuk membentuk unit ekonomi yang lebih efisien atau sinergis (the Economic Dyad)

3. Dalam mengejar pemenuhan psikoseksual (the Psychosexual Dyad)

4. Untuk mengamankan penemanan jangka panjang (the Companionship Dyad).

Dengan demikian, kita dapat berbicara tentang empat sumbu berikut: Sosial-Ekonomi, Emosional, Utilitarian (Rasional), Swasta-Keluarga.

Untuk mengilustrasikan bagaimana sumbu-sumbu ini saling terkait, mari kita perhatikan yang Emosional.

Sampai baru-baru ini, orang-orang dulu menikah karena mereka merasa sangat kuat tentang hidup sendirian, sebagian karena kecaman sosial terhadap sikap resulsiveness.

Di beberapa negara, orang masih berlangganan ideologi yang mempromosikan keluarga sebagai pilar masyarakat, sel dasar organisme nasional, rumah kaca di mana membiakkan anak-anak untuk tentara, dan sebagainya. Ideologi kolektif ini menuntut kontribusi dan pengorbanan pribadi. Mereka memiliki dimensi emosional yang kuat dan memberikan dorongan kepada sejumlah pola perilaku.

Tetapi investasi emosional dalam ideologi kapitalis individualistis saat ini tidak lebih kecil dari pada yang nasionalistis kemarin. Benar, perkembangan teknologi membuat pemikiran masa lalu menjadi usang dan tidak berfungsi tetapi tidak memuaskan dahaga manusia akan bimbingan dan pandangan dunia.

Namun, seiring perkembangan teknologi, teknologi itu semakin mengganggu keluarga. Peningkatan mobilitas, desentralisasi sumber-sumber informasi, transfer fungsi tradisional keluarga ke lembaga-lembaga sosial dan sektor swasta, meningkatnya insiden interaksi antarpribadi, hubungan seks yang lebih aman dengan konsekuensi yang lebih sedikit atau tanpa konsekuensi - semuanya mendorong disintegrasi tradisional, meluas dan keluarga inti.

Pertimbangkan tren yang secara langsung memengaruhi wanita, misalnya:

1. Munculnya properti pernikahan bersama dan hukum untuk distribusi yang sama dalam kasus perceraian merupakan pergeseran dalam filsafat hukum di sebagian besar masyarakat. Hasilnya adalah distribusi utama (dan terus berlangsung) kekayaan dari pria ke wanita. Selain itu, perbedaan dalam harapan hidup antara dua jenis kelamin dan besarnya transfer sumber daya ekonomi menjadi jelas.

Wanita menjadi lebih kaya karena mereka hidup lebih lama daripada pria dan dengan demikian mewarisi mereka dan karena mereka mendapatkan bagian dari properti perkawinan ketika mereka menceraikan mereka. "Wakaf" ini biasanya lebih dari yang mereka berikan kepada pasangan dalam hal uang. Perempuan masih berpenghasilan lebih rendah dari laki-laki, misalnya.

2. Peningkatan peluang ekonomi. Kode sosial dan etika berubah, teknologi memungkinkan peningkatan mobilitas, perang, dan gejolak ekonomi yang mendorong masuknya perempuan secara paksa ke pasar tenaga kerja.

3. Hasil dari pengaruh ekonomi perempuan yang meningkat adalah sistem sosial dan hukum yang lebih egaliter. Hak-hak perempuan dijamin secara hukum dan informal dalam proses evolusi, diselingi oleh revolusi hukum kecil.

4. Perempuan sebagian besar telah mencapai kesetaraan dalam peluang pendidikan dan ekonomi dan sedang berjuang untuk memenangkan peperangan di bidang kehidupan lain (militer, perwakilan politik). Sebenarnya, dalam beberapa hal hukum, bias terhadap laki-laki. Jarang bagi seorang pria untuk mengeluh tentang pelecehan seksual atau menerima tunjangan atau pengasuhan anak-anaknya atau, di banyak negara, untuk menjadi penerima pembayaran kesejahteraan sosial.

5. Munculnya orang tua tunggal yang diterima secara sosial (normatif) dan keluarga non-nuklir membantu wanita untuk membentuk kehidupan mereka sesuai keinginan mereka. Kebanyakan keluarga orang tua tunggal dipimpin oleh wanita. Orang tua tunggal perempuan dirugikan secara ekonomi (pendapatan rata-rata mereka sangat rendah bahkan ketika disesuaikan untuk mencerminkan pembayaran transfer) - tetapi banyak yang mengambil risiko.

6. Dengan demikian, secara bertahap, pembentukan generasi masa depan menjadi domain eksklusif wanita. Bahkan hari ini, sepertiga dari semua anak di negara maju tumbuh dalam keluarga orang tua tunggal tanpa figur laki-laki untuk dijadikan panutan. Eksklusivitas ini memiliki implikasi sosial dan ekonomi yang luar biasa. Secara bertahap dan halus keseimbangan kekuasaan akan bergeser ketika masyarakat menjadi matriarkal.

7. Penemuan pil dan kontrasepsi lain membebaskan wanita secara seksual. Revolusi seksual yang dihasilkan mempengaruhi kedua jenis kelamin tetapi penerima manfaat utama adalah perempuan yang seksualitasnya tiba-tiba dilegitimasi. Tidak lagi di bawah awan kehamilan yang tidak diinginkan, wanita merasa bebas untuk melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan.

8. Dalam menghadapi kebebasan yang baru ditemukan ini dan realitas perubahan perilaku seksual, standar moral ganda hancur. Keberadaan dorongan seksual feminin yang dinyatakan secara sah diterima secara luas. Karena itu, keluarga juga menjadi usaha patungan seksual.

9. Urbanisasi, komunikasi, dan transportasi melipatgandakan jumlah pertemuan antara pria dan wanita dan peluang untuk interaksi ekonomi, seksual, dan emosional. Untuk pertama kalinya selama berabad-abad, wanita bisa menilai dan membandingkan pasangan pria mereka dengan orang lain dengan berbagai cara. Semakin banyak wanita memilih untuk keluar dari hubungan yang mereka anggap tidak berfungsi atau tidak memadai. Lebih dari tiga perempat dari semua perceraian di Barat diprakarsai oleh wanita.

10. Wanita menjadi sadar akan kebutuhan mereka, prioritas, preferensi, keinginan dan, secara umum, emosi yang tepat mereka. Mereka membuang emosi dan pola pikir yang ditanamkan di dalamnya oleh masyarakat dan budaya patriarkal dan dipertahankan melalui tekanan teman sebaya.

11. Peran dan fungsi tradisional keluarga secara bertahap terkikis dan dipindahkan ke agen sosial lainnya. Bahkan fungsi-fungsi seperti dukungan emosional, interaksi psikoseksual, dan membesarkan anak sering diturunkan ke "subkontraktor" luar.

Dikosongkan dari fungsi-fungsi ini dan interaksi antar-generasi, keluarga inti dikurangi menjadi cangkang disfungsional, pusat komunikasi yang belum sempurna antara anggota yang tersisa, versi bobrok dari diri sebelumnya.

Peran tradisional perempuan dan karakter mereka yang diduga, kecenderungan, dan kecenderungan mereka tidak lagi berguna dalam lingkungan baru ini. Hal ini mendorong perempuan untuk mencari definisi baru, untuk menemukan ceruk baru. Mereka benar-benar diusir dari rumah mereka oleh hilangnya fungsional.

12. Secara paralel, pengobatan modern meningkatkan harapan hidup wanita, memperpanjang usia melahirkan anak mereka, meningkatkan kesehatan mereka secara dramatis, dan menjaga kecantikan mereka melalui berbagai teknik baru. Ini memberi perempuan kesempatan hidup baru.

Di dunia baru ini, wanita jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal saat melahirkan atau terlihat jompo pada usia 30 tahun. Mereka dapat menentukan waktu keputusan mereka untuk membawa anak ke dunia, atau untuk tidak melakukannya secara pasif atau aktif (dengan melakukan aborsi).

Kontrol perempuan yang tumbuh atas tubuh mereka - yang telah diobyektifkan, dicerca, dan dikagumi selama ribuan tahun oleh pria - bisa dibilang merupakan salah satu fitur paling mencolok dari revolusi feminin. Hal ini memungkinkan perempuan untuk melepaskan diri dari nilai-nilai maskulin yang tertanam, pandangan dan prasangka tentang fisik dan seksualitas mereka.

13. Akhirnya, sistem hukum dan struktur sosial dan ekonomi lainnya menyesuaikan diri untuk mencerminkan banyak perubahan laut yang disebutkan di atas. Menjadi lembam dan tidak praktis, mereka bereaksi lambat, sebagian dan bertahap. Namun, mereka tetap bereaksi. Setiap perbandingan antara situasi hanya dua puluh tahun yang lalu dan hari ini cenderung mengungkapkan perbedaan yang substansial.

Tetapi revolusi ini hanyalah segmen yang jauh lebih besar.

Di masa lalu, sumbu yang kita gunakan untuk membuka diskusi kita erat dan tampaknya saling terkait. Ekonomi, Sosial dan Emosional (poros yang diinvestasikan dalam pelestarian adat-istiadat sosial dan ideologi) membentuk satu amalgam - dan Pribadi, Keluarga dan Utilitarian-Rasional membentuk yang lain.

Dengan demikian, masyarakat mendorong orang untuk menikah karena secara emosional berkomitmen pada ideologi sosial-ekonomi yang menanamkan kekudusan keluarga, misi sejarah dan kemegahan.


Terlepas dari pandangan sosial keluarga, mayoritas pria dan wanita menikah dari perhitungan uang dingin yang menganggap keluarga sebagai unit ekonomi yang berfungsi, di mana individu secara efektif bertransaksi. Membentuk keluarga adalah cara paling efisien yang dikenal untuk menghasilkan kekayaan, menumpuknya, dan memindahkannya melintasi ruang dan waktu ke generasi mendatang.

Pertemuan tradisional kapak dibalik secara diametris dalam beberapa dekade terakhir. Sumbu Sosial dan Ekonomi bersama dengan poros Utilitarian (Rasional) dan sumbu Emosional sekarang disejajarkan dengan sumbu Pribadi dan Keluarga.

Sederhananya, masyarakat saat ini mendorong orang untuk menikah karena ingin memaksimalkan hasil ekonomi mereka. Tetapi kebanyakan orang tidak melihatnya seperti ini. Mereka menganggap keluarga sebagai tempat perlindungan emosional yang aman.

Perbedaan antara masa lalu dan masa sekarang mungkin halus tetapi tidak berarti sepele. Di masa lalu, orang-orang biasa mengekspresikan emosi dengan cara-cara yang dirumuskan secara sosial dan didiktekan, mengenakan keyakinan dan ideologi mereka di atas lengan baju mereka. Keluarga adalah salah satu dari mode ekspresi ini. Tapi sungguh, itu berfungsi sebagai unit ekonomi belaka, tanpa keterlibatan emosional dan konten.

Saat ini, orang mencari keluarga untuk rezeki emosional (cinta romantis, persahabatan) dan bukan sebagai instrumen untuk meningkatkan kedudukan sosial dan ekonomi mereka. Menciptakan keluarga bukan lagi cara memaksimalkan utilitas.

Tapi harapan baru ini telah membuat keluarga tidak stabil. Baik pria maupun wanita mencari kenyamanan emosional dan persahabatan sejati di dalamnya dan ketika mereka gagal menemukannya, gunakan kemandirian dan kebebasan bercerai yang baru mereka temukan.

Untuk meringkas:

Pria dan wanita biasa mencari dukungan ekonomi dan sosial dari keluarga. Setiap kali keluarga gagal sebagai landasan peluncuran ekonomi dan sosial - mereka kehilangan minat di dalamnya dan mulai mencari alternatif di luar nikah. Kecenderungan disintegrasi ini semakin ditingkatkan dengan inovasi teknologi yang mendorong swasembada dan segmentasi sosial yang belum pernah terjadi sebelumnya. Masyarakat pada umumnya yang menganggap keluarga secara emosional, sebagai bagian dari ideologi yang berlaku.

Peran telah terbalik. Masyarakat sekarang cenderung memandang keluarga dalam sudut pandang utilitarian-rasional, sebagai cara organisasi yang efisien dalam kegiatan ekonomi dan sosial. Dan sementara di masa lalu, anggotanya menganggap keluarga terutama dalam cara utilitarian-rasional (sebagai unit penghasil kekayaan) - sekarang mereka menginginkan lebih: dukungan emosional dan persahabatan.

Di mata individu, keluarga diubah dari unit produksi ekonomi menjadi pembangkit tenaga emosional. Di mata masyarakat, keluarga diubah dari elemen ideologi emosional dan spiritual menjadi unit produksi utilitarian-rasional.

Pergeseran sumbu dan penekanan ini menjembatani kesenjangan tradisional antara pria dan wanita. Wanita selalu menekankan sisi emosional berada dalam pasangan dan keluarga. Pria selalu menekankan kenyamanan dan kegunaan keluarga. Kesenjangan ini dulunya tidak terjembatani. Pria bertindak sebagai agen sosial konservatif, wanita sebagai revolusioner. Apa yang terjadi pada institusi keluarga saat ini adalah revolusi menjadi arus utama.

0 Response to "Keluarga Cukup Baik"

Posting Komentar

wdcfawqafwef