Penulis Lepas: Karir Dari Mana Saja


Artikel ini dipersembahkan oleh PutraRental.com
Sebuah pulau di Mediterania. Sebuah pantai di Afrika. Pantai timur Selandia Baru. Seperti apa semua lokasi ini? Panggilan baru-baru ini untuk bantuan dari penulis lepas memperoleh jawaban dari setiap lokasi ini. Dalam masing-masing dan di banyak tempat terpencil lainnya, saya mengenal penulis yang lepas dengan tingkat keberhasilan yang adil. Memang ada kemungkinan bagi penulis lepas untuk bekerja dari mana saja.

Pertimbangkan pengalaman saya sendiri baru-baru ini. Sebagai editor situs web Penulis Freelance Dunia, saya menerbitkan sebuah buletin yang membahas ribuan penulis lepas di seluruh dunia. Saya dapat mengingat satu isu tertentu di pertengahan tahun 2002. Saya mulai merencanakan nawala dalam panas dan kelembaban Hong Kong. Saat draft pertama datang, saya berada di Indianapolis, di Amerika Serikat. Dan pada saat saya menyelesaikan salinan terakhir dan menekan tombol kirim saya berada di sebuah pondok tepi danau di Ontario, Kanada, dengan salju jatuh di luar.

Mungkin Anda tertarik dengan karir menulis lepas tapi Anda khawatir apakah Anda tinggal di lokasi yang sesuai. Nah, pikirkan lagi. Freelance writing adalah pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari mana saja. Memang benar bahwa jika rumah Anda berada di dekat kantor editorial New York, Anda mungkin bisa menggunakan kedekatan Anda dengan beberapa keuntungan. Tapi banyak, banyak penulis lepas bekerja dengan sukses dari lokasi yang jauh, dan dalam banyak kasus menikmati gaya hidup yang lebih baik di tempat tinggal mereka.

Ambil Ron Irwin, misalnya. Orang Amerika, Ron lepas dari sebuah rumah kecil di pantai di Cape Town, Afrika Selatan. Mayoritas karyanya masih untuk pasar Amerika Utara. Pertimbangkan Vella Corinne, penduduk asli Malta di tengah Laut Mediterania. Dari pulau ini tenggelam dalam sejarah - Ordo St John berbasis di sini dan kuil-kuil dianggap lebih tua dari piramida - dia menulis fitur perjalanan dan gaya hidup.

Penulis di lokasi seperti ini, yang jauh dari kerugian serius, sebenarnya bisa menikmati sejumlah manfaat. Sebagai permulaan, para penulis ini berada dalam posisi yang sangat baik untuk menulis tentang lokasi mereka sendiri, masyarakat dan budaya. Selain itu, biaya hidup seringkali lebih murah daripada penulis di kota-kota besar. Dan jika itu tidak cukup, bagaimana dengan segar, udara bersih?

Penulis yang bekerja dari lokasi terpencil biasanya tinggal di lingkungan yang lebih bersih dan lebih damai, dan mungkin tinggal lebih dekat dengan kegiatan di luar ruangan dan rekreasi. Vella mengungkapkan bagaimana dia menikmati hari-hari yang lebih hangat: "Begitu saya mengemasi komputer saya, saya hanya menuju ke pantai. Jaraknya pendek dan, pulau yang kecil, saya selalu dekat dengan pusat dari apa pun yang terjadi di sini. Waktu saya sendiri dengan cara yang saya tidak bisa jika saya tinggal di kota yang sibuk. "

Dua puluh tahun yang lalu penulis di lokasi terpencil sering frustrasi dengan lambannya berkomunikasi dengan editor di sisi lain dunia. Akan selalu butuh waktu berbulan-bulan untuk menerima balasan dari editor. Menunggu respons terhadap pertanyaan kira-kira sama serunya dengan melihat rumput tumbuh!

Dalam beberapa tahun terakhir, ketersediaan Internet telah mempermudah daripada sebelumnya bagi para freelancer untuk berkomunikasi hampir seketika dengan siapa pun, di manapun di dunia ini. Dalam contoh saya sendiri di atas, saya melakukan perjalanan melalui beberapa negara selama periode tiga minggu dan berhasil melakukan pekerjaan lepas saya pada saat bersamaan. Banyak klien saya bahkan tidak tahu saya 'sedang dalam perjalanan'. Sedikit yang mereka tahu bahwa antara menerima dan membalas pesan mereka, saya sedang memancing di danau dan mendaki hutan, saya dapat dengan mudah menghubungi kontak penting, serta menulis dan mengirimkan nawala saya.

Tapi tahukah anda apa yang lebih seru lagi? Sementara saya bepergian, situs web saya bekerja keras, sepanjang waktu, 'siang dan malam'. Bahkan saat saya terbang dengan kecepatan tiga puluh ribu kaki, tidur siang, saya secara efektif menjual sekumpulan buku dan produk yang berhubungan dengan tulisan. Nah kalau itu bukan impian seorang freelancer menjadi kenyataan, saya tidak tahu apa itu! Prestasi semacam itu jelas tidak bisa dicapai sebelum munculnya email dan World Wide Web.

Kathy Crockett lepas dari Gisborne, Selandia Baru, di pantai timur Pulau Utara. Dia berkomentar kepada saya tentang perbedaan teknologi saat bekerja dari lokasi seperti itu. "Ini adalah kota berpenduduk 35.000", dia menjelaskan, "yang paling dekat dengan garis batas internasional, dan kota pertama di dunia yang melihat matahari setiap hari. Tetangga kota terdekat berjarak tiga jam berkendara di jalan berangin ... internet, ponsel ... teknologi biarlah saya berada dimana saja saya mau ... dan membodohi orang lain untuk berpikir bahwa saya berada di tempat yang mereka inginkan! "

Tentu bekerja dari jarak jauh tidak selalu mudah dan ada sejumlah tantangan yang biasanya dihadapi penulis. Isolasi adalah isu yang umum. Vella menjelaskan kepada saya bahwa dia memiliki cara untuk mengatasinya. "Kadang rasanya saya memiliki eksistensi yang benar-benar berbeda. Saya menyeimbangkannya dengan menjadwalkan beberapa 'face time' setiap hari," jelasnya. Aku setuju dengannya. Terkadang Anda harus melakukan upaya sadar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau penulis lainnya.

Tantangan lain mungkin menyulitkan teknologi. Menemukan bengkel PC mungkin tidak mungkin dilakukan. Akses internet mungkin tidak tersedia atau tidak dapat diandalkan. Ada banyak, banyak tempat di dunia yang bahkan belum memiliki saluran telepon, belum lagi akses email. Anda masih bisa bekerja sebagai penulis lepas dari lokasi ini, tapi tidak akan semudah itu. Jika Anda memiliki pilihan di mana Anda tinggal, selalu cobalah untuk memilih kota yang memiliki saluran telepon dengan akses internet yang andal.

Dan itu berlaku untuk bekerja saat Anda berlibur juga. Periksa teknologi yang tersedia terlebih dahulu. Dalam contoh perjalanan saya diatas, saya mendapat kejutan. Tidak ada saluran telepon atau akses email di pondok. Kepanikan awal saya mereda saat saya menemukan telepon yang tidak terlalu jauh. Pada suhu beku, saya berjalan dengan susah payah. Ketika saya menekan tombol untuk mengirimkan nawala saya, komputer notebook saya dicolokkan ke telepon umum.

Apakah penulis di lokasi terpencil memiliki kerugian yang serius? Tidak mungkin! Saya dijual dengan konsep bahwa Anda bisa bekerja sebagai penulis lepas dari mana saja. Dan sementara Anda akan menghadapi beberapa tantangan, tidak satu pun dari mereka akan dapat diatasi.

Jadi jika Anda mencari karir yang dapat Anda lakukan dari mana saja, tidak terlihat lagi. Penulis yang saya referensikan dan banyak lainnya bekerja dengan benar di tempat mereka berada. Dan bisa juga begitu. Bukalah buku catatan Anda. Mulai menulis Anda bisa mulai membangun karir yang memuaskan sebagai penulis lepas hari ini.

0 Response to "Penulis Lepas: Karir Dari Mana Saja"

Posting Komentar

wdcfawqafwef